PENCEGAHAN DEPRESI “ Bunuh diri bukanlah cara yang tepat untuk menyerah”.

Agustus 30, 2021

 Oleh: Ferliana Laurensia

(Mahasiswi Sastra Inggris FISIP Universitas Bangka Belitung)
 
 
Image Source: ghp-news.com
 
 

         Jika kalian berada di puncak emosi yang sulit sekali untuk di kontrol pasti hal itu dapat menghancurkan akal sehat dalam mengambil suatu tindakan dan keputusan . Kesulitan dalam mengontrol perasaan ini dipengaruhi oleh tingkat stress yang tinggi yang di alami oleh sebagian orang-orang di berbagai belahan dunia. Faktor yang memicu gejala stress bisa ditimbulkan dari lingkungan sekitar, pekerjaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, kehilangan orang yang dikasihi dan masih banyak lagi. Dan tentunya pikiran yang stress secara terus-menerus dapat mengakibatkan depresi. Depresi sendiri sudah berada di tahap gangguan kejiwaan yang tentunya semakin sulit untuk diatasi.

        Lalu apa yang kalian lakukan jika kalian sedang stress? Mengunci diri di dalam kamar? Menangis sepanjang hari? Mencari kesenangan diluar? atau yang paling parah bunuh diri? Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization menunjukkan ada 800.000 orang di dunia meninggal karena bunuh diri setiap tahunnya.

     "Bunuh diri adalah masalah kesehatan masyarakat global. Seluruh usia, jenis kelamin dan wilayah dunia terpengaruh (dan) setiap kehilangan adalah satu terlalu banyak," kata laporan WHO, dikutip oleh Reuters.

      Hal ini dapat disimpulkan berarti bahwa sebagian orang yang mengalami stress bahkan depresi  lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya ketimbang mencari solusi lain agar tetap bertahan menjalani kehidupannya. Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini pastinya memiliki solusi untuk mencegah dan menyembuhkan.

Cara-cara yang mungkin dapat membantu adalah sebagai berikut :

1. Dekatkan diri pada Tuhan

Hal ini sudah terbukti, jika kita berdoa dan memohon petunjuk pasti nanti akan ada jalan. Berserah diri kepada Yang Maha Kuasa membuat jiwa kita sedikit merasa tenang dan nyaman. Tindakan dari berdoa dapat menguatkan iman kita agar tidak mengambil suatu tindakan atau keputusan yang salah.

2. Mencari kata-kata motivasi dari orang-orang yang memiliki pengaruh besar bagi masyarakat.

Orang-orang ini bisa kita temukan dari kalangan artis, motivator, pebisnis, dan lain sebagainya. Kata-kata motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam diri kita semua untuk terus melangkah ke depan. Mengapa harus mendengarkan kata-kata motivasi dari orang-orang terkenal ketimbang teman atau keluarga? Jawabannya cuma satu, yaitu pengalaman. Mereka semua bekerja dengan menanggung resiko yang cukup besar sebagai orang yang bekerja di kalangan masyarakat luas dan otomatis mereka semua juga pernah berada di titik terendah di kehidupannya.

3. Mendengarkan musik.

Mendengarkan musik merupakan hobi sebagian besar orang. Musik dapat membuat sensasi ketenangan dan juga sebagai hiburan. Mendengarkan musik dapat di pastikan mengurangi stress.

4. Pergi ke tempat sepi dan tenang.

Tindakan ini berguna untuk menenangkan pikiran sekaligus menjernihkan pikiran. Berkumpul dengan banyak orang justru dapat menambah beban pikiran.

5. Cobalah untuk berpikir positif dan dewasa.

Berpikir positif membuat pikiran kita terkontrol dan hal ini dapat menjauhkan diri kita dari berbagai macam kecemasan yang membuat kita stress.Kemudian jadilah kepribadian yang dewasa ini juga membuat pikiran kita matang dalam mengambil suatu tindakan.   

Hidup memanglah tidak mudah terkadang hantaman masalah dan cobaan membuat segalanya berantakan. Keputusasaan membuat pola pikir kita semua menjadi pendek. Bunuh diri bukanlah tindakan yang patut untuk di praktikan karena tindakan ini dapat merugikan diri kita sendiri dan juga orang-orang yang menyayangi kita.

Kelima cara diatas di harapkan dapat membantu kalian semuanya dalam menjaga mental agar selalu sehat dan terhindar dari pikiran gelap yang nantinya dapat merugikan diri kalian sendiri. Respect Your Self.

 

 

You Might Also Like

0 komentar