Musik Rap: Makna dari Sebuah Lagu Rap

September 02, 2021

 Oleh: Muhamad Rehan

(Mahasiswa Sastra Inggris FISIP Universitas Bangka Belitung
 
 
  Image Source: al-fanarmedia.org
 
 

Pernahkah kalian bingung akan makna dari sebuah lirik lagu? Pada tahun 2008, Depdiknas telah menentukan bahwa lirik lagu adalah bagian dari karya sastra yang menceritakan tentang perasaan atau curahan pribadi si penulis.

Karya sastra terbagi menjadi tiga bagian yaitu prosa, puisi dan drama. Musik termasuk bagian dari karya sastra puisi dikarenakan lirik yang dibuat oleh penulis tersebut mewakili perasaan atau curahan hatinya melalui musik. Musik bisa dikategorikan sebagai media penyampaian pesan kepada pendengarnya melalui lirik-lirik yang ditulis.

Namun, makna lirik di era sekarang semakin berkurang. Terlepas dari berkurangnya makna dari sebuah lirik lagu, masih ada banyak lagu yang mempunyai makna positif, tetapi dibalik itu juga ada makna yang negatif tetapi sangat sesuai dengan keadaan dan kejadian di masyarakat seperti kesenjangan sosial, makna kehidupan dan lain-lain.

Musik Rap

Musik rap adalah musik yang termasuk dalam genre Hip-Hop. Musik rap biasanya dilakukan dengan teknik vokal yaitu berkata dengan cara yang cepat. Musik rap pertama kali dibawakan dan dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika. Pelaku musik rap bisa dikatakan sebagai Rapper atau MC.

Pada umumnya, makna dari lirik rap berisi tentang keresahan mereka terhadap kehidupan. Pada tahun 1973, Melle Mel, seorang MC pertama di dunia Hip-Hop mengutarakan pendapatnya lewat lirik tentang peratura-peraturan pemerintah yang dianggap mengekang dan sebagai sarana melakukan protes terhadap pemerintahan dan kesenjangan sosial yang terjadi pada kaum kulit hitam. Pada saat itu, Hip-Hop mulai mengandung lirik-lirik yang terkesan protes kepada pemerintah yang tidak adil dan menceritakan tentang kehidupan masyarakat kulit hitam yang tertindas.

Makna dari Lirik Lagu Rap

Lirik lagu rap biasanya bersifat tegas dan keras. Banyak rapper pada era sekarang meninggalkan kesan dan makna utama lirik rap yang sesungguhnya. Kebanyakan dari para rapper hanya menceritakan kisah cinta dan mengandung makna negative seperti seks bebas, narkoba dan lain-lain. Namun dibalik rapper­-rapper pada era sekarang yang hanya bercerita tentang hal tersebut, ada banyak rapper yang berbicara tentang kehidupan mereka dan menyampaikan pesan positif mereka kepada pendengar melalui music rap. Rapper-rapper tersebut antara lain:

  • N.W.A

N.W.A adalah grup music rap yang aktif pada tahun 1986-1991. Lirik-lirik yang dibawakan oleh grup musik tersebut banyak mengandung kekerasan dan ketegasan mereka terhadap diskriminasi yang terjadi di Amerika. Mereka adala pelopor “Gangsta Rap” yang menceritakan tentang kritik politik yang mengekang dan meresahkan mereka sebagai warga Amerika.

  • NF

NF adalah seorang rapper  yang menceritakan tentang kehidupannya melalui musik rap. Dalam musiknya, NF menceritakan tentang diskriminasi sosial terhadap masyarakat yang sangat sesuai dengan keadaan di era sekarang.

Linguistic dan Word-Play dalam Lirik Rap

            Musik rap mengandung banyak makna linguistik yang terdapat dalam liriknya. Biasanya rapper menggunakan bahasa-bahasa yang sulit dimengerti bagi orang awam. Seperti lirik yang terdapat pada lagu NF – Trust, yang bertuliskan “I shoot direct, defuse the threat and they wonder why the music has a huge effect”. NF telah merilis musi-musik yang bertemakan permasalahan hidup. Banyak pendengarnya yang beranggapan bahwa musiknya telah membantu mereka dalam menjadi kehidupannya dikarenakan lirik dari music tersebut sangatlah membangun. Namun beberapa pendengarnya beranggapan bahwa musik NF terkesan termperamen, moody dan dalam. NF menjelaskan bahwa musik-musiknya sangatlah jelas dan membantu banyak orang dalam liriknya. Namun anehnya, masih ada yang mempertanyakan kenapa musiknya tersebut dapat membantu banyak orang.

            Lirik dalam musik rap juga banyak mengandung permainan kata. Dalam lagu rap A. Nayaka – Orang Lain, terdapat lirik yang berbunyi “I could never finish macam aku angka delapan”. Angka delapan yang dimaksud oleh sang penulis adalah sebagai makna ‘tiada henti’ yang bermaknya ‘Aku tidak akan berhenti’.

            Segala genre musik seharusnya mengandung makna positif dan membangun. Musik adalah sarana penyampaian pesan yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat pada era sekarang.

Referensi:

https://www.shvr.id/colonies/article/SEJARAH-HIP-HOP

 

You Might Also Like

0 komentar