Apakah Berjemur Benar-Benar Efektif dalam Menghasilkan Vitamin D untuk Menangkal Virus?

April 06, 2020

Oleh: Putri Ariska
(Mahasiswi Sastra Inggris FISIP UBB)
Image Source: dreamstime.com

MEDIATIKUSASTRA.COM- Jakarta- Melansir dari detik.com Presiden Jokowi menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat terkait wabah virus corona COVID 19 di Indonesia pada konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat pada Selasa 31 Maret 2020.

Dalam masa pandemi Virus Corona COVID-19 ini banyak orang menyarankan cara untuk menangkal virus tersebut, salah satu nya adalah dengan cara berjemur. Namun apakah benar bahwa berjemur dapat menghasilkan Vitamin D untuk menangkal virus?

WHO  menyebutkan bahwa berada dibawah paparan cahaya matahari selama 5 hingga 15 menit pada lengan,tangan dan wajah dalam waktu 2 hingga 3 kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan vitamin D.

Dr. Henry Suhendra  SpOT mengatakan bahwa “ Semakin tua seseorang, kemampuan untuk membentuk Vitamin D semakin menurun. Penelitian menunjukkan pada usia 60 tahun kemampuan membentuk vitamin D hanya 25%. Ia juga menerangkan bahwa perlu untuk berjemur tengah hari karena perlu UVB untuk membentuk Vitamin D , pada siang hari juga terdapat sinar UVA yang bisa menyebabkan kanker serta gangguan pada kulit oleh karena itu perlu untuk tidak terlalu lama berada dibawah sinar matahari .
Dilansir dari beberapa sumber, Vitamin D memiliki manfaat yang beragam , diantaranya :

1.      Meningkatkan Sistem Kekebalan Imun
Sistem kekebalan tubuh membutuhkan Vitamin D untuk perlawanan tubuh terhadap penyakit ,tanpa Vitamin D tubuh akan mudah terjangkit virus dan penyakit maka itu Vitamin D sangat dibutuhkan.

2.      Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi
Selain menjaga sistem kekebalan imun, Vitamin D juga dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik, kalsium berperan untuk kesehatan tulang dan gigi agar kuat.



3.      Meningkatkan Kualitas Tidur dan Menhindari Depresi
Rutin berjemur dan makan dengan teratur bisa meningkatkan kualitas tidur, dengan rutin berada dibawah sinar matahari maka anda bisa mulai untuk mengatur pola tidur asalkan metode yang dilakukan tepat dan sesuai dengan aturan. Untuk mengurangi stress yang dirasakan karena pekerjaan atau mungkin masalah hidup , cara alternatif yaitu berjemur bisa efektif untuk mengurangi stress yang dirasakan , sinar matahari pagi dan tengah hari bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan mood . Tentu saja, lagi-lagi harus sesuai dengan aturan yang sesuai. Dengan teratur nya pola tidur juga bisa mengurang depresi atau rasa stress yang ada.

4.      Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Paparan Sinar Matahari pagi memiliki peran penting untuk metabolisme tubuh, untuk membuat badan jadi sehat dan membantu tubuh untuk melepaskan nitirc oxcide. Selain itu bisa mempertahankan berat badan secara alami.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dengan berjemur bisa menghasilkan Vitamin D yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Namun perlu diketahui bahwa tidak selama nya berjemur itu baik. Memang benar bagian tubuh haruslah terekspose secara langsung dengan sinar matahar, akan tetapi jika terlalu lama berjemur bisa menyebabkan sun-burn , kanker kulit dan gangguan lainnya, tabir surya mungkin dibutuhkan untuk seluruh badan, banyak minum air putih seusai beraktifitas di bawah sinar matahari, memakai pelindung seperti topi dan kacamata sudah cukup. Selain itu, Vitamin D tidak hanya berasal dari cahaya matahari karena terkadang hal itu tidak menjamin tercukupinya  Vitamin D untuk sebagian orang, oleh karena itu tubuh juga butuh pendukung dari dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi suplemen Vitamin D atau makanan dan minuman tertentu yang mengandung Vitamin D. 

Jadi apakah benar-benar ampuh menangkal Virus dengan berjemur?
Berjemur lalu menghasilkan Vitamin D adalah hal rutin yang harus dipraktekkan kehidupan sehari-hari bukan hanya pada masa pandemi ini, tubuh selalu membutuhkan Vitamin D , beberapa artikel dan jurnal serta ahli yang menyebutkan bahwa Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan imun tubuh, namun hingga saat ini belum ada jurnal yang mengatakan bahwa Vitamin D bisa menangkal suatu virus. Beberapa orang beranggapan bahwa cahaya matahari bisa membunuh virus namun hal tersebut juga belum ada kepastiannya. Tentu, menangkal virus tubuh harus punya sistem kekebalan tubuh yang bagus, Vitamin D bukan hanya satu-satu nya cara untuk menangkal virus bukan hanya itu saja banyak hal lain yang harus diperhatika misalnya pola hidup yang bersih dan teratur bisa dipraktekkan juga.

You Might Also Like

0 komentar