“MEMBANGKITKAN ANTUSIASME KEPENULISAN KAUM MUDA: TIM PENGABDIAN SASTRA INGGRIS UBB GELAR PENGABDIAN JILID II”

Agustus 09, 2021


 

MEDIATIKSASTRA.COM- Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Sastra Inggris Universitas Bangka Belitung kembali melangsungkan pengabdian dengan tema “Mengasah Keterampilan Kaum Muda Desa Tanjung Gunung Melalui Pelatihan Creative Writing” (7/8/21).

Dalam pelatihan kali ini, para remaja Desa Tanjung Gunung diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai seluk-beluk dalam kepenulisan sebagai seorang content writer yang kreatif.

Di masa sekarang, kaum muda dituntut harus bisa menjadi generasi yang kreatif dalam menyalurkan bakat yang ada dalam diri mereka, khususnya dalam bidang kepenulisan. Ada banyak hal yang bisa menjadi awal seseorang dalam menulis, salah satunya adalah mengabadikan ide-ide kreatif yang terlintas ke dalam sebuah karya tulis.

Dengan menulis, kaum muda di Desa Tanjung Gunung diharapkan mampu memahami dan menerapkan ilmu yang didapatkan kemudian memanfaatkannya sebagai jalan dan wadah untuk berkarya.

Dalam penyampaian materi oleh Bob Morison Sigalingging, M.Hum tentang creative writing, beliau mengatakan, “Bagaimana koordinasi Irmas dengan desa sehingga segala kegiatan yang diselenggarakan oleh Irmas bisa ditampilkan ke masyarakat nasional.”

Pihak jurusan Sastra Inggris bersedia menjadi fasilitator dalam menyalurkan karya-karya anak muda di Desa Tanjung Gunung dan mengakomodasi proses publikasi dari karya tersebut.


 

“Setelah kami mengikuti kegiatan ini, dari sebelumnya kami yang kurang paham mengenai apa itu content creator, desain grafis, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan dunia digital atau dunia internet mendapatkan bekal dan ilmu yang bisa kami terapkan dari fasilitator dari UBB. Sebelum mengikuti kegiatan ini, saya pribadi masih memiliki keinginan yang buram untuk mulai menulis, tetapi setelah mengikuti pelatihan ini saya menjadi termotivasi untuk mulai menulis.” ungkap Khodri seusai mengikuti pelatihan.

Di zaman modern ini, untuk melakukan publikasi karya tidak hanya bisa dilakukan lewat media cetak tetapi juga bisa disalurkan melalui media digital.

Karena konten digital merupakan pasar yang cukup luas dan peluang industrinya pun besar, kita perlu memahami bahwa media digital bisa menjadi tempat kita berkarir. Jadi, sekarang berkarir tidak hanya bisa melalui media cetak tetapi juga bisa melalui media digital sebagai media publikasi agar bisa lebih mudah diakses oleh khalayak luas.

 

You Might Also Like

0 komentar