KKN UBB DESA PELANGAS SERUKAN PROGRAM EKONOMI KREATIF GUNA MENGHADAPI NEW NORMAL

Juli 19, 2020


MEDIATIKUSASTRA.COM- Bertempat di di Gedung Serasian Sosial Desa pelangas, Kepala Desa Pelangas Bapak Welly Wahyudi beserta DPL KKN Desa Pelangas ibu Erita Rosalina S.E. M.S.i melakukan Peresmian pembukaan KKN pada tanggal 16 Juli 2020. Acara yang sekaligus di hadiri 15 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bangka Belitung ini berlangsung selama 1 jam dengan acara inti pengalungan simbolis name tag kepada ketua dan wakil mahasiswa.

Pelaksanaan KKN kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pasalnya Universitas Bangka Belitung tetap melaksanakan KKN meski di tengah pandemi Corona. Hal ini menuntut kreatifitas kognitif Mahasiswa dalam berkreasi dari rumah dan dalam menghadapi fluktuasi seperti ini. KKN XV UBB Tahun 2020 dijalankan dengan mekanisme yang berbeda yakni menggabung kegiatan daring dan turun lapangan yang tentunya, hal tersebut disesuaikan dengan  kebutuhan desa pelangas sendiri.

Desa pelangas memiliki jumlah total penduduk 2500 jiwa  yang terdiri ragam suku dan agama sehingga bisa disebut sebagai "Indonesia kecil" yang nenurut penuturan Kepala Desa terdiri dari 3 dusun dan tidak diragukan jika masyarakat desa Pelangas memiliki banyak kebutuhan yang harus di penuhi. dengan adanya kegiatan KKN di wilayah Pelangas mampu membimbing masyarakat di era new normal baik dari pemberdayaan sumber daya manusia maupun alam dalam memaksimalkan manfaatnya harap Kepala Desa Pelangas. 

Ibu Erita selaku DPL KKN Desa Pelangas mengatakan dan menitik beratkan  pada pada rekan mahasiswa didalam program kerja harus memuat tiga hal yaitu berbasis sosial, kesehatan dan pendidikan. “karyakan adik-adik KKN Pak Kepala Desa walau bagaimanapun mereka masih tetap anak - anak, mohon bimbingannya" tutur beliau diakhir acara.

KKN Desa Pelangas memiliki program unggulan yang di usung oleh mereka sendiri yaitu manajerial UMKM yang diharapkan mampu memperbaiki perekonomian masyarakat kelas menengah dalam menghadapi era new normal selaras dengan slogan KKN Desa Pelangas "Tetap Mengabdi Meski Pandemi", walau ruang gerak terbatas karena pandemi, tidak menyurutkan semangat rekan mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat.

 

You Might Also Like

0 komentar