Mengucapkan Selamat Tinggal pada Covid 19, China Dihampiri Virus Lain Bernama Hantavirus

April 01, 2020

Oleh: Bella
(Mahasiswi Sastra Inggris FISIP UBB)

Sumber: Kompas.com



MEDIATIKUSASTRA.COM- Virus korona menjadi topik yang sangat hangat diperbincangkan. Virus ini diperkirakan berasal dari pasar hewan dan makanan laut tradisional di kota Wuhan, China. Virus ini sudah merenggut lebih dari 80 ribu nyawa. Penyebaran virus ini sudah dinyatakan menurun dari negara tirai bambu ini. Tetapi, belum sempat beristirahat dari serangan COVID-19, China kembali dihinggapi oleh virus lain yang bernama Hantavirus yang juga berasal dari kota Wuhan, China. Seorang pria di China dikabarkan meninggal dunia karena positif terinfeksi Hantavirus. Dilansir dari Control for Disease: Control and Prevention, Hantavirus (Hantavirus Pulmonary Syndrome/ HPS) merupakan penyakit pernapasan yang parah, bahkan terkadang fatal, pada manusia yang disebabkan oleh infeksi Hantavirus. 


Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi virus ini yakni penderita akan mengalami kenaikan suhu tubuh, kemudian demam disertai dengan sakit dikepala dan disekujur tubuh. Setelah perkembangan virus selama kurang lebih 10 hari, akan terbentuk cairan pada paru paru yang mengakibatkan kegagalan pernapasan. 



Hantavirus dibawa oleh binatang pengerat seperti tikus dan menyerang paru paru dengan gejala seperti flu. Karena virus ini dikabarkan berasal dari negara dimana munculnya COVID-19 pertama kali, banyak masyarakat yang merasa resah akan penyebaran dari virus tersebut. Ilmuwan asal swedia, Dr Sumaiah Shaikh, mengatakan bahwa virus ini sudah ada sejak lama dan vaksin untuk virus ini pun sudah ditemukan. 

Hantavirus berasal dari udara yang sudah terkontaminasi oleh kotoran, urine, atau air liur hewan pengerat yang ditularkan ke manusia. Virus ini juga bisa menular secara sentuhan langsung manusia dan hewan pengerat tanpa menggunakan perantara atau pada kasus serius, bisa karena digigit oleh hewan pengerat. Hantavirus hanya bisa ditularkan oleh hewan pengerat ke manusia, tidak dari manusia ke manusia.

Tetapi, walaupun Hantavirus tidak menular dari manusia ke manusia lain dan hanya bisa ditularkan melalui hewan pengerat ke manusia, masyarakat tetap harus menjaga lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan.

You Might Also Like

0 komentar