8 Laba-laba: A fake story to disprove a fake story

Agustus 28, 2021


Oleh: Muhammad Emil Fajri

(Mahasiswa Sastra Inggris FISIP Universitas Bangka Belitung)
 

 Image Source: ncte.org

Pernahkah kalian bosan, dan mulai untuk mencari fakta-fakta menarik? Jika pernah, tentu anda pernah mendengar sebuah fakta: “Rata-rata, setiap manusia menelan setidaknya 8 laba-laba disaat mereka tertidur”. Fakta ini sering diperbincangkan dan dibahas oleh banyak media. Bahkan, hal ini sempat muncul dalam media Snopes, sebuah website dimana para ahli menyanggah banyak urban legend dan fakta-fakta. Website tersebut mengklaim bahwa fakta tersebut hanyalah mitos belaka. Namun, kapan fakta ini mulai ada?

Semuanya mulai pada Snopes itu sendiri. Sebuah artikel di website tersebut menyatakan bahwa fakta mengenai menelan laba-laba ini pertama kali populer pada tahun 1993 disaat seorang kolumnis, Lisa Birgit Holst menulis artikel yang berjudul “Reading is believing” di majalah yang dikenal sebagai “PC Professional”. Ia menulis artikel tersebut dengan sengaja memasukkan fakta tentang 8 laba-laba untuk mendemonstrasikan bagaimana orang-orang akan mempercayai apa saja yang mereka baca secara online. Lisa lalu mengklaim bahwa mitos mengenai laba-laba ini ia ambil dari sebuah buku yang terbit pada tahun 1954 berjudul “Insect Fact and Folkore” yang berarti semua mitos ini berawal dari tahun 1954. Jika Snopes.com merupakan sumber informasi yang dapat dipercayai, maka kasus selesai. Bahkan untuk lebih memastikannya lagi, terdapat ratusan artikel lain mengatakan hal yang sama.

Berakhir? Tentu saja tidak. Tidak sampai seseorang membeli buku “Insect Fact dan Folklore” dan mengatakan bahwa tidak ada sekalipun disebutkan mitos mengenai 8 laba-laba. Uniknya, buku tersebut hanya mengatakan bahwa laba-laba bukanlah serangga, melainkan arakhnida. Jika buku tersebut tidak menyebutkan menelan laba-laba sama sekali, dari mana sebenarnya “fakta” ini muncul? Mari kita lihat citasi yang terdapat pada website Snopes.

 


Dari semua referensi yang ada, cuma referensi nomor ketiga yang kemungkinan membahas kapan dan bagaimana mitos itu muncul. Masalahnya, orang-orang gagal menemukan dan melacak seorang kolumnis yang bernama Lisa Birgit Holst. Tidak hanya itu, ada banyak majalah “PC Professional” dari berbagai negara dan tidak ada satupun yang membahas mengenai manusia menelan laba-laba. Hal ini membuat kita kembali berpikir, apakah Snopes menyediakan informasi yang salah? Bisa dibilang iya, dan juga bisa dibilang tidak. Suatu thread di Reddit, membahas mengenai majalah ini.

Lisa Birgit Holst merupakan anagram dari “This Is A Big Troll”. Bila kita mengabaikan bahwa anagram ini hanyalah kebetulan belaka, maka Snope telah menulis sebuah metadata artikel mengenai kolumnis khayalan yang pernah menulis sebuah artikel palsu mengenai bagaimana orang-orang mempercayai informasi palsu agar dapat mengekspos orang-orang yang menerima informasi palsu sebagai kebenaran. Berbelit? Tentu saja, namun lihat bagaimana berhasilnya mereka. Hampir semua artikel urban legend mengenai 8 laba-laba ini mengatakan bahwa Lisa Birgit Holst lah yang pertama kali mengarang mitos ini. Kebanyakan dari mereka terlalu malas untuk memastikan sebuah citasi simple dan menganggap informasi yang diberikan adalah informasi yang akurat. Ratusan hingga ribuan artikel dengan bangga menyediakan sebuah cerita palsu, untuk menyangkal sebuah cerita palsu tanpa mengetahui yang sebenarnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa membuktikan keaslian dari sebuah informasi.

Mitos 8 laba-laba ini merupakan pelajaran yang paling penting dan sebuah pengingat untuk selalu memeriksa referensi yang digunakan. Hal yang paling tidak diinginkan oleh seorang penulis dan jurnalis adalah misinformasi, karena hal tersebut akan berakibat fatal dan menjadi sebuah berita palsu (hoax). Lebih parahnya, bisa saja masyarakat menelan mentah-mentah kesalahan informasi tersebut. Saya, sebagai penulis pun menganjurkan para pembaca untuk tidak selalu percaya dengan mudahnya dengan sebuah informasi, termasuk artikel yang saya tulis ini.

 

Referensi

Semua informasi yang saya jabarkan disini berasal dari sebuah video di YouTube:

https://www.youtube.com/watch?v=OjlKIjLWq-Y

 

 

 

 

You Might Also Like

0 komentar