Dampak Hallyu Di Indonesia

November 06, 2020

 Oleh: Niken Ayu Lestari

(Mahasiswi Sastra Inggris Universitas Bangka Belitung)  
 

Image Source: cultura.id
 

            Korea merupakan salah satu negara maju yang ada di kawasan Asia dan bahkan saat ini banyak orang yang sangat menggemari hal-hal apapun yang berhubungan dengan negeri ginseng tersebut seperti makanan, kecantikan, tempat wisata, dan industry hiburannya yang saat ini sukses menarik perhatian orang-orang dari seluruh dunia. Berkat industri hiburannyaa korea semakin dikenal dan semakin diminati yang dimana banyak orang-orang yang menggandrungi boy grup dan girl grup korea selatan. Seperti yang diketahui jika saat ini jika industri iburan korea sudah mulai menunjukkan taringnya dan mulai menguasai pasar internasional. Hal ini bisa dibuktikan dengan grup yang paling popular dan paling banyak di gemari di dunia saat ini yaitu adalah BTS mewakili sebagai boy group dan BLACKPINK mewakili sebagai girl group, popularitas keduanya sudah tidak bisa diragukan lagi dan juga banyaknya prestasi yang mereka raih baik itu didalam ataupun diluar negeri, dan dengan kemampuan menari, menyanyi, dan juga visual yang mereka miliki membuat banyak orang ingin terlihat seperti mereka. Karena kepopularan boy group dan girl groupnya, hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan ekonomi untuk negara tersebut karena banyak orang yang berkunjung tiap tahunnya dan biasanya kebanyakan dari turis yang berkunjung kesana adala ingin pergi ke tempat wisata popular atau tempat-tempat yang indah yang ada dalam drama korea dan juga rata-rata mereka ingin mengunjungi perusahaan atau agensi hiburan diamana idola mereka bekerja. Selain karena boy group dan girl group, tren kecantikan korea juga sangat diminati oleh banyak orang misalnya seperti alat kecantikan dan juga perawatan kulit. Di Indonesia sendiri tren kecantikan dan perawatan kulit yang berasal dari korea sangat banyak peminat, hal ini dikarenakan gaya make up orang korea yang terkenal simpel dan juga terlihat natural dan karena wajah kebanyakan masyarakat korea memiliki wajah yang mulus dan bersinar membuat banyak remaja Indonesia ingin memiliki kulit seperti mereka. Karena memiliki banyak peminatnya kawasan Asia Tenggara merupakan target pasar yang sangat menguntungkan baik untuk industri hiburan maupun bisnis yang berasal dari korea lainnya.

Baca Juga : THE JISATSU THAT HAS BEEN CULTIVATE IN JAPANESE SOCIETY

·         K-pop Sebagai Budaya Populer

            Tidak bisa dipungkiri jika saat ini gelombang hallyu sedang melanda hampir seluruh negeri, tak terkecuali dengan Indonesia. Bisa dikatakan jika Indonesia merupakan salah satu peminat tertinggi Korea selatan seperti drama, music, make up, skincare, makanan,dll. Banyaknya penggemar negara Korea Selatan dikarenakan kecantikan dan ketampanan yang dimiliki oleh idol, aktris, dan actor mereka sehingga tak jarang remaja Indonesia akan melakukan apapun untuk bisa menjadi cantik dan memiliki kulit mulus dan putih seperti idola mereka. Karena hal tersebut, para remaja Indonesia menganggap jika ingin dianggap cantik harus memiliki kulit yang putih seperti orang korea. Hal ini tentunya bisa memberikan dampak negatif bagi remaja Indonesia yang dimana hal tersebut akan membuat mereka merasa tidak percaya diri dengan warna kulit yang mereka miliki terlebih lagi masyarkat Indonesia memiliki jenis kulit sawo matang dan kuning langsat, oleh sebab itu mereka akan melakukan berbagai cara supaya terliat putih mulus seperti orang korea dengan cara apapun tidak peduli harus menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya sekalipun.

            Selain itu produk kecantikannya, makanan kas Korea Selatan juga sudah mulai banyak di gemari seperti kimchi, ramyeon, Jjajangmyeon,dll. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat makan yang menjual khusus makan khas negeri ginseng tersebut. Karena kepopuleran para idol group, actor, dan aktris korea selatan di Indonesia, banyak remaja Indonesia yang mempelajari Bahasa korea dengan tujuan mereka bisa dengan mudah berkomunikasi dengan artis idola mereka dan juga saat menonton film atau drama korea mereka bisa paham tanpa melihat subtitle. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka dalam menambah pengetahuan berbahasa asing. Para penggemar idol korea dikenal sebagai penggemar yang loyal dan akan melakukan apapun supaya idola mereka tetap menjadi yang terbaik seperti membeli album, marchendise, dan bahkan pakaian sehari-hari yang dikenakan oleh idola mereka. Karena hal tersebut kadang yang membuat penggemar idol korea atau k-pop dianggap berlebihan oleh orang-oran yang tidak menyukai k-pop dan juga dianggap terlalu kekanak-kanakan sehingga kadang membuat penggemar k-pop dikucilkan. Meskipun begitu, penggemar k-pop juga sering mengadakan galang dana untuk membantu orang-orang yang terkena bencana atau kepada orang-orang yang membutuhkan, dan juga biasanya mereka akan melindungi idola dan nama fandom mereka dari orang-orang yang berusaha memecah belah atau mengadu domba anatara fandom yang satu dengan  yang lainnya.

            Menyukai sesuatu atau menggemari sesuatu tidak lah masalah, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, dan hanya karena seseorang menyukai budaya luar bukan berarti mereka tidak cinta negara sendiri. Banyak orang yang mengucilkan orang yang menyukai atau menggemari para idol korea selatan karena dianggap terlalu berlebihan, padahal mereka hanya ingin menunjukkan rasa cinta mereka kepada sang idola dan juga untuk menghargai kerja keras idola mereka dalam menciptakan karya mereka dalam bermusik dan juga sebagai idol, karena mereka tahu dalam menciptakan suatu karya bukanlah hal yang mudah dan juga proses untuk menjadi seorang idol sangatlah sulit.





You Might Also Like

0 komentar