MANFAATKAN BAHAN ALAMI, KKN DESA BALUNIJUK OLAH DAUN SIRIH DAN JERUK NIPIS JADI HAND SANITIZIER

Juli 30, 2020


MEDIATIKUSASTRA.COM- Rekan-rekan team KKN Desa Balunijuk kemarin (27/07/2020) menambah kegiatan sebagai program kerja dengan membuat hand sanitizer. Sejak mewabahnya virus corona di seluruh dunia, banyak pakar kesehatan yang mengungkapkan bahwa hand sanitizer yang terdiri dari alkohol dan bahan lainnya dianggap mampu membersihkan tangan dari berbagai kotoran.

Pernyataan dari berbagai pakar kesehatan tersebut tentunya di respon baik dikalangan penjual untuk menambah pemasukan. Hand sanitizer yang umum di perdagangkan berbahan dasar alkohol dan bahan kimia lainnya. Kandungan bahan kimia didalam hand sanitizer memacu pendapat yang beragam karena dapat menyebabkan iritasi bahkan berakibat fatal.

"Karena banyak yang menyebutkan efek samping dari kandungan bahan kimia lalu kami menemukan ide untuk membuat dari bahan alami dan tentunya mudah ditemukan" ungkap Nur Putri yang ikut membuat hand sanitizer. Pakar kesehatan berpendapat jika daun sirih memang terbukti sebagai antiseptik dan air perasan jeruk nipis sendiri mempunyai efek melarutkan lemak.

Nur Putri juga menjelaskan cara mengolah dua bahan tersebut cukup mudah. Pertama cuci bersih bahan-bahan, kedua rebus daun sirih dan perasan air jeruk nipis hingga mendidih, ketiga saring air rebusan agar virus, kuman dan bakteri tidak masuk dan kempat masukkan kedalam botol semprot setelah air rebusan dingin. "Hanya itu saja langkah-langkah cara membuatnya, mudah dan ringkas "imbuh Nur Putri lagi.

"Kami membuat ini (hand sanitizer) dengan bahan yang alami, mudah diolah dan mudah ditemukan nantinya akan dibagikan ke warga-warga desa Balunijuk dengan harapan mereka tetap menjaga kebersihan tangan" tambah Nur Putri.



-----------------------------------
TENTANG PENULIS


Serlinda


You Might Also Like

0 komentar