Jangan Asal Beli! Baca Dulu Tips Memilih Hand Sanitizer yang Aman Anti Oplosan di Masa Pandemi Covid-19!

April 17, 2020

Oleh: Nadhilah Nur Shabrina
(Mahasiswi Sastra Inggris FISIP UBB)

Original Image: Unsplash.com/Anna Earl
 
Penyanitasi tangan atau hand sanitizer adalah cairan atau gel yang dapat digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Sebagian orang mungkin akan kebingungan saat kata patogen disebut pada kalimat diatas.

Patogen merupakan kata yang mengacu pada elemen penyebab gangguan atau penyakit organik pada inang yang merupakan organisme pembawa dan penampung organisme lain. Ada berbagai  jenis patogen yang dapat melekat pada inang seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Patogen yang paling banyak dijumpai dalam ekosistem adalah virus. Virus sendiri merupakan organisme super kecil yang cenderung bersifat parasit. Organisme tersebut dapat menginfeksi makhluk hidup seperti manusia, hewan, bahkan tumbuhan.

Salah satu virus yang kini sedang naik daun dan menjangkiti manusia adalah Coronavirus disease atau Covid-19. Penularan yang begitu cepat membuat masyarakat melakukan segala hal untuk mencegah diri mereka dari tertular virus Covid-19. Salah satu cara pencegahan tersebut adalah dengan membeli hand sanitizer yang dijual bebas di pasaran.

Perburuan hand sanitizer oleh masyarakat Indonesia sejatinya sudah dimulai sejak Covid-19 menjangkiti wilayah kepulauan tersebut. Permintaan yang terus meningkat dari hari ke hari membuat beberapa oknum memanfaatkan masa pandemi ini untuk mencari keuntungan melimpah. Berbagai cara dilakukan untuk menghasilkan produk hand sanitizer dengan pengeluaran terkecil tetapi dapat memunculkan pundi-pundi rupiah terbesar.

Membuat hand sanitizer oplosan pun kemudian menjadi jalan pintas yang dilakukan sebagian oknum tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati saat memilih produk hand sanitizer yang akan digunakan. Ada baiknya lagi jika para pembeli mengetahui tips sebelum membeli penyanitasi tangan tersebut agar aman dan terbebas dari hand sanitizer oplosan mengingat betapa berbahayanya produk bersangkutan jika digunakan oleh masyarakat luas. 

Untuk mencegah hal tersebut, lakukanlah beberapa tips dibawah ini sebelum memutuskan untuk membeli. 

1. Belilah produk hand sanitizer di tempat-tempat kesehatan yang resmi dan jelas seperti apotek. 

Hand sanitizer merupakan salah satu produk yang masuk ke dalam golongan PKRT atau Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga jika mengacu pada peraturan menteri kesehatan No. 1190/Menkes/Per/VIII/2010 tentang izin Edar Alat Kesehatan dan PKRT. Membeli di tempat penjualan obat-obatan atau toko kesehatan resmi tentu menjadi salah satu upaya menghindari pembelian hand sanitizer palsu.

2. Jika terpaksa membeli secara online di e-commerce, maka jadilah pembeli cerdas yang melihat review mengenai produk bersangkutan sebelum memutuskan untuk membeli. 

Penting sekali bagi para pembeli untuk membaca review sebuah produk yang dijual online melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya karena dengan memiliki pengetahuan mengenai kualitas suatu barang, kita akan mempertimbangkan kembali apakah barang tersebut layak dibeli atau tidak.

3. Baca dan periksalah komposisi serta izin edar dari hand sanitizer yang ingin anda beli. 

Jika penyanitasi tangan yang hendak dibeli tak memiliki keterangan mengenai komposisi dan izin edar dari pihak yang berwenang, ada baiknya untuk dipikirkan kembali sebelum membeli produk bersangkutan sebab hand sanitizer yang tidak mencantumkan kedua hal tersebut besar kemungkinannya berasal dari pihak tak bertanggung jawab. 

Demikianlah 3 tips yang bisa kamu terapkan sebelum memutuskan untuk membeli penyanitasi tangan atau hand sanitizer guna mencegah penularan Covid-19. Stay safe everyone!






------------------------------------------
BIODATA PENULIS
  



Nadhilah Nur Shabrina atau kerap disapa Dila. Sejak kecil membaca dan menulis sudah menjadi makanannya sehari-hari. Jiwanya baru ter-bangkitkan kembali setelah hampir 4 tahun vakum dari dunia kepenulisan. 


Instagram: @nadhilahnrs
 


You Might Also Like

0 komentar